Kamis, 09 Desember 2010

Hukum Tajwid (1) Waqaf atau tanda berhenti

Waqaf( وقف ).
Dari sudut bahasa: Berhenti / menahan. Dari sudut istilah tajwid: Menghentikan seketika bacaan secara memutuskan suara di akhir perkataan untuk bernafas dengan niat ingin menyambungkan kembali bacaan.



Jenis Wakaf 

1. Waqaf Lazim( الوقف اللازم )/ Waqaf Tam( الوقف التام ).
Menghentikan bacaan pada rangkai kata yang sempurna maknanya serta lafaz (dari segi i'rab) dan maksudnya tidak tergantung dengan kata-kata berikutnya. 

Waqaf ini bertanda:( م ) 


2. Waqaf Ja'iz
Waqaf Ja’iz (boleh), yaitu bacaan yang boleh washal (disambung) atau waqaf (berhenti). Kedudukan hukum bahagian ini kadangkala sama (berhenti atau sambung), kadangkala sambung lebih baik dari berhenti dan kadangkala berhenti lebih baik dari sambung (yaitu menghentikan bacaan pada rangkai kata yang tidak merusak maknanya).

Waqaf Kafi( الوقف الكافي ).
Waqaf Kafi (cukup), yaitu bacaan yang boleh washal atau waqaf, akan tetapi waqaf lebih baik daripada washal. Dinamakan kafi karena berhenti di tempat itu dianggap cukup tidak membutuhkan kalimat sesudahnya sebab secara lafal sudah tidak ada kaitannya. 

Tandanya:( قلي )


Waqaf Tasawi( وقف التساوي ).
Kedudukan hukum bacaan tersebut ketika berhenti dan sambung adalah sama. 

Tandanya:( ج ).

Waqaf Hasan( الوقف الحسن ).
 Waqaf Hasan (baik), yaitu bacaan yang boleh washal atau waqaf, akan tetapi washal lebih baik dari waqaf. Dinamakan hasan (baik) karena berhenti di tempat itu sudah baik. 

Tandanya:( صلي )

3. Waqaf Muraqabah (Berhenti Pemerhatian) وقف المراقبة . Ia juga dinamakan Waqaf Ta'anuq (Berhenti Berikat) iaitu memberhentikan bacaan pada salah satu dari dua tempat Waqaf yang berdekatan tanpa Waqaf pada kedua-duanya. 


4. Waqaf Mamnu' (terlarang) الوقف الممنوع , yaitu berhenti di tengah-tengah kalimat yang belum sempurna yang dapat mengakibatkan perubahan pengertian karena mempunyai kaitan yang sangat erat—secara lafal dan makna—dengan kalimat sesudahnya. Oleh karena itu, dilarang berhenti di tempat seperti ini. 

Tandanya:( لا )

5. Saktah Latifah (Berhenti baik / Elok) السكتة اللطيفة . Menghentikan seketika bacaan tanpa bernafas sekadar dua harakat. 

Tandanya ialah:( س ).






selengkapnya lihat disini
http://humaiz.blogspot.com/2010/07/hukum-tajwid.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar