Kamis, 09 Desember 2010

Berburu makanan halal

Ada satu kaidah yang sangat berkesan buat saya sampai saat ini. Kaidah ini disampaikan dalam satu forum pengajian yang sayangnya saya sudah lupa siapa ustadznya :). Kaidah itu berbunyi seperti berikut
  • Untuk urusan Ibadah, semuanya adalah tidak boleh kecuali ada dalil yang memperbolehkannya
  • Untuk urusan muamalah, semuanya adalah boleh kecuali ada dalil yang melarangnya
Sangat berkesan, karena hal ini menunjukan bahwa untuk urusan Ibadah kita tidak boleh asal melakukan sesuatu tanpa dalil. Sementara untuk muamalah (makanan menurut saya termasuk dalam kategori ini), bahwa pada dasarnya Islam sangat memudahkan umatnya dalam bermuamalah.

Makanan halal adalah satu tema yang menarik untuk ditelusuri, saking menariknya banyak ragam pendapat dari yang paling moderat sampai yang paling ekstrem. Agar terhindar dari debat berkepanjangan, kita mulai saja dari yang pasti halalnya.

Secara praktis,list makanan berikut Insya Allah kita yakin halalnya;
  • Daging, makanan dan segala sesuatu yang di jual di boucherie Halal di 113 av Buros 64000 PAU (tel. 05 59 30 37 43)
  • Makanan kemasan yang ada label halalnya, diluar makanan Indonesia yang di jual di Pau, kita dapat temukan makanan asing dengan label halal
  • Di France Asia, kita dapat temukan produk Samosa, Spring Rolls halal
  • Di Auchan, Inter Marche, Geant dapat ditemukan Ayam, kalkun, kebab, lasagna dan hamburger halal.
  • Di Intermarche dapat ditemukan Pizza halal
  • Makanan laut segar
"Dihalalkan bagimu binatang buruan laut dan makanan (yang berasal) dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu, dan bagi orang-orang yang dalam perjalanan; dan diharamkan atasmu (menangkap) binatang buruan darat, selama kamu dalam ihram. Dan bertakwalah kepada Allah Yang kepada-Nyalah kamu akan dikumpulkan." (QS Al-maidah; 5:96) 

Dari Abu Hurairah r.a, bahwa Rasulullah SAW bersabda tentang (air) laut. "Laut itu airnya suci dan mensucikan, bangkainya pun halal"
  • Sayur-mayur dan buah-buahan
Artikel ini hanyalah permulaan saja. Diharapkan list makanan halal-nya akan terus berkembang seiring tanggapan yang akan diberikan oleh saudaraku sekalian.

Wallahu a'lam

2 komentar:

  1. Subhanallah....jika kita mau berikhtiar lebih Insya Allah kita bs menjaga kehalalan makanan yg masuk ke tubuh kita

    BalasHapus
  2. Silahkan Bunda Shahnon ditambah list makanan halal-nya. Maklum yang nulis Bapak-bapak, jadi nggak gaul soal makanan :)

    BalasHapus