Minggu, 19 Desember 2010

Pengajian Desember '10 ; Amalan Penghapus Dosa

Pengajian kali ini dibuka dengan pembacaan Al Quran oleh Bang Armon, yang dilanjutkan kultum oleh Bayu. Ringkasan kultumnya dapat dibaca pada cuplikan berikut.




Adalah suatu kewajaran jika manusia melakukan kesalahan (dosa). Dalam sebuah hadisnya, seperti yang diwartakan Ahmad dan Ibnu Majah, Rasulullah SAW bersabda 
 
Setiap manusia adalah pendosa dan sebaik-baik pendosa adalah yang bertaubat

Berikut ini dibacakan beberapa amalan yang bisa menghapus dosa

Perkataan Jujur




"Wahai orang-orang yang beriman bertakwalah kalian kepada Allah dan berkatalah dengan perkataan yang jujur (benar) sehingga amalan-amalan kalian menjadi baik, dan dosa-dosa kalian akan diampuni (oleh Allah.), barangsiapa yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya-sesungguhnya Dia benar-benar mendapat kemenangan yang besar".(QS. Al-Ahzab 33 : 70-71)

Dari Ibnu Mas’ud r.a., Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya kebenaran itu membawa kebaikan dan kebaikan itu membawa ke surga, dan sesungguhnya orang yag membiasakan dirinya benar (dalam segala ihwalnya) akan dicatat oleh Allah sebagai siddiq (orang yang selalu benar); sedang kedustaan itu membawa kepada penyelewngan dan penyelewengan itu membawa ke neraka dan orang yang membiasakan berdusta itu akan dicatat oleh Allah sebagai kadzdzab (pendusta). (HR Bukhari – Muslim)

Berbuat Baik

عَنْ أَبِي ذَرّ جُنْدُبْ بْنِ جُنَادَةَ وَأَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ مُعَاذ بْن جَبَلٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : اِتَّقِ اللهَ حَيْثُمَا كُنْتَ، وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا، وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ “    
رواه الترمذي وقال حديث حسن وفي بعض النسخ حسن صحيح

Dari Abu Dzar Jundub bin Junadah dan Abu Abdirrahman Mu’adz bin Jabal rodhiallohu ‘anhu, bahwa Rosululloh sholallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda, “Bertakwalah kamu kepada Alloh di mana pun kamu berada, iringilah kesalahanmu dengan kebaikan niscaya ia dapat menghapuskannya dan pergaulilah semua manusia dengan budi pekerti yang baik.” (HR Tirmidzi. Ia berkata, “Hadits ini hasan. Dalam naskah lainnya dikatakan, hadits ini hasan shohih)

termasuk dalam perbuatan baik adalah bersedekah. Janganlah khawatir kalau harta kita akan berkurang karena sedekah karena Rasulullah bersabda

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ
Sedekah tidaklah mengurangi harta.

Dan terakhir, hendaklah kita belajar dari pengalaman sehingga terhindar dari kesalahan yang sama.



Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.(QS. Al-Hasyr 59 :18)









Tidak ada komentar:

Posting Komentar